top of page

Data Pekerjaan Beragam, Dolar Berjuang Naik

Dollar menguat ke puncak 10 minggu terhadap mata uang utama lainnya pada hari Jumat, setelah data menunjukkan bahwa perekonomian AS secara tak terduga menghancurkan data pekerjaan bulan lalu, namun tingkat pengangguran menurun dan pendapatan naik lebih dari yang diantisipasi.

Optimisme kekuatan ekonomi tidak goyah meskipun laporan kerja AS yang beragam karena pasar tampaknya hanya fokus pada pertumbuhan upah.

Kenaikan upah dipantau secara ketat oleh Federal Reserve untuk bukti berkurangnya kelonggaran di pasar tenaga kerja dan tekanan ke atas pada inflasi.

Dolar telah didukung secara luas oleh harapan akan adanya perombakan pajak yang akan datang setelah Dewan Perwakilan Rakyat AS pada hari Kamis menyetujui sebuah paket belanja tahun 2018, yang dipandang sebagai langkah penting untuk memajukan rencana reformasi pajak pada akhirnya.

EUR/USD berkurang 0,24% menjadi 1,1699, level terendah sejak 17 Agustus, akibat ketegangan politik di Spanyol yang terus berlanjut.

Pada hari Kamis, Mahkamah Konstitusi Spanyol memerintahkan parlemen daerah Catalonia tutup pada hari Senin, menimbulkan keraguan apakah wilayah tersebut dapat mengumumkan kemerdekaan dari Spanyol.

BP/USD jatuh 0,5% untuk diperdagangkan pada level terendah empat minggu di 1,3089 dengan kekhawatiran atas kemungkinan perebutan kepemimpinan di Inggris setelah ancaman ari seorang mantan ketua Partai Konservatif yang mengklaim mendapat dukungan 30 anggota parlemen untuk menggulingkan Perdana Menteri Inggris Theresa May.

Yen dan franc Swiss memperpanjang kerugian sebelumnya, dengan USD/JPY naik 0,52% ke 113,39 dan USD/CHF menguat 0,51% menjadi 0,9835.

Dolar Australia dan Selandia Baru juga lebih rendah, di mana AUD/USD jatuh 0,68% ke 0,7744 dan NZD/USD anjlok 0,76% menjadi 0,7061.

Sementara itu, USD/CAD naik tipis 0,10% menjadi 1,2579, level tertinggi 31 Agustus, setelah Statistik Kanada mengatakan jumlah orang yang dipekerjakan meningkat sebesar 10.000 pada bulan September, meleset dari harapan untuk kenaikan 14.500.

Tingkat pengangguran tetap tidak berubah 6,2% bulan lalu, dibandingkan dengan ekspektasi kenaikan 6,3%.

Indeks dolar AS, yang mengukur kekuatan greenback terhadap perdagangan enam mata uang utama, naik 0,26% pada 94,01 pukul 19.55 WIB, tidak jauh dari level tertinggi 10 minggu di 94,09 disentuh pada awal sesi.

Featured Posts
Check back soon
Once posts are published, you’ll see them here.
Recent Posts
Archive
Search By Tags
No tags yet.
Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
bottom of page